Senin, 03 September 2018

24 Fakta Nipple Lainnya

Apa Jenis Puting Anda? Dan 24 Fakta Nipple Lainnya

Dia memiliki mereka, dia memiliki mereka, beberapa memiliki lebih dari satu pasang dari mereka - putingnya adalah hal yang menakjubkan.

Bagaimana perasaan kita tentang tubuh kita dan semua bagian kerjanya dapat dimuat, tetapi mungkin tidak ada bagian tubuh yang memunculkan cukup banyak emosi campuran sebagai payudara - untuk pria dan wanita.

Di tengah gempuran iklan pembesaran payudara, bra pengangkat payudara, dan larangan puting payudara, dapat dengan mudah mengabaikan bahwa payudara wanita (dan khususnya puting) melayani lebih dari tujuan evolusi untuk memberi makan anak. (Tentu saja, ini tidak menentukan apakah wanita dapat, harus, atau ingin memiliki anak.) Juga mudah untuk melupakan bahwa puting jantan mungkin juga tidak terlalu berbeda.

Namun, puting adalah sebagai individu seperti kita, dengan semua jenis quirks mengejutkan di lengan baju mereka. Jadi, lakukan sedikit kebaikan dan ketahui lebih banyak tentang nips Anda - bahkan detail terkecil pun bisa menjadi pembuka percakapan tentang kesehatan, atau kesenangan.
1. Kesehatan wanita biasanya didiagnosis melalui puting

Warna merupakan faktor utama yang dipertimbangkan dokter dan perawat ketika membaca tentang kesehatan wanita. Pada 1671, bidan Inggris Jane Sharp menerbitkan sebuah buku berjudul "The Midwives Book atau Whole Art of Midwifry."

Menurut kursus Stanford tentang tubuh wanita, Sharp pernah menulis, “Puting berwarna merah setelah Sanggama, merah seperti Strawberry, dan itu adalah warna Alam mereka: Tetapi Puting Perawat, ketika mereka memberikan Suck, berwarna biru, dan mereka tumbuh menjadi hitam. ketika mereka sudah tua. ”Untungnya, praktik ini telah dihentikan.
2. Ada 4 hingga 8 jenis puting

Puting Anda bisa datar, menonjol, terbalik, atau tidak berbintang (banyak atau terbagi). Juga dimungkinkan untuk memiliki satu payudara dengan puting yang menonjol dan yang lain dengan terbalik, menjadikan kombinasi total jenis puting hingga delapan.
3. Puting Anda bukan areola Anda

Puting berada di bagian tengah payudara Anda, dan terhubung dengan kelenjar susu, tempat susu diproduksi. Areola adalah area berwarna gelap di sekitar puting.
4. Puting terbalik adalah normal

Puting terbalik, yang melipat ke dalam bukannya menonjol keluar, berfungsi sama dengan puting yang "biasa," dan berkepanjangan. Ada kemungkinan untuk memiliki satu puting yang tidak terbalik dengan yang terbalik, dan juga memungkinkan untuk memiliki puting terbalik yang muncul kemudian.

Puting yang terbalik cenderung hilang setelah menyusui bayi dan tidak akan mengganggu menyusui. Stimulasi atau suhu dingin juga dapat menyebabkan puting sementara untuk menonjol. Tindikan dan operasi dapat mengubah puting “innie” menjadi “outies.”
5. Anda dapat memiliki dua puting pada satu areola

Ini disebut puting ganda dan bifurcated. Tergantung pada sistem duktus, kedua puting susu dapat menghasilkan ASI untuk bayi. Namun, ketika menyusui, bayi mungkin merasa sulit untuk memasukkan keduanya ke dalam mulut mereka.
6. Rambut puting memang nyata

Benjolan kecil di sekitar putingmu? Itu adalah akar rambut, yang dimiliki oleh pria dan wanita, jadi masuk akal jika rambut tumbuh di sana! Rambut-rambut ini mungkin terlihat lebih gelap dan lebih liat daripada rambut-rambut lainnya di tubuh Anda, tetapi Anda bisa memetik, memangkas, mencukur, atau mencukurnya dengan cara yang sama seperti rambut-rambut lain, jika mereka mengganggu Anda.
7. Tinggi puting rata-rata adalah ukuran bug wanita

Dalam satu studi tahun 2009 dari 300 puting dan areola perempuan, hasilnya menunjukkan diameter areola rata-rata 4 cm (yang sedikit lebih kecil dari bola golf), diameter puting rata-rata 1,3 cm (sama dengan lebar, bukan panjang, Baterai AA), dan tinggi puting rata-rata 0,9 cm (ukuran bug wanita).
8. Menyusui tidak selalu standar

Meskipun menyusui sekarang umum di kalangan wanita kelas menengah ke atas yang terdidik, kelompok yang sama sebenarnya digunakan untuk menentang menyusui bayi mereka. Pada periode Renaissance, wanita aristokrat menggunakan perawat basah untuk memberi makan anak-anak mereka. Dan pada awal abad ke-20, susu formula dianggap ideal karena label harganya merupakan penanda kekayaan.

Sejak itu, kami telah belajar bahwa formula tidak pernah dapat menyediakan semua bahan yang sama seperti susu manusia.
9. Nyeri puting sering terjadi pada wanita

Tidak biasa ibu menyusui mengalami sakit di putingnya karena berbagai alasan, termasuk masalah posisi saat menyusui. Tetapi menyusui seharusnya tidak menyakitkan.

Mengalami rasa sakit atau nyeri di puting Anda juga menyerang non-ibu, dan bisa menjadi gejala PMS atau perubahan hormonal lainnya, serta:

    iritasi kulit
    alergi
    gesekan dari bra olahraga

Kanker puting jarang terjadi, tetapi memeriksakannya ke dokter jika rasa sakit Anda persisten atau Anda melihat ada darah atau cairan.
10. Puting dapat berubah ukurannya

Ini sering terjadi selama kehamilan. Satu studi tahun 2013 terhadap 56 wanita hamil menunjukkan bahwa puting mereka tumbuh dalam panjang dan lebar selama masa studi dan kehamilan mereka. Lebar areola mereka juga meningkat secara signifikan.

11. Laporkan semua kotoran puting yang abnormal

Puting cairan dari salah satu atau kedua payudara dapat menjadi indikator masalah kesehatan seperti hipotiroidisme dan kista, serta hal-hal seperti perubahan obat. Tetapi jika Anda melihat keluarnya cairan berdarah, pastikan untuk segera dievaluasi oleh dokter karena itu bisa menjadi tanda sesuatu yang lebih serius.
12. Tentu saja, ada penempatan puting "ideal"

Menurut penelitian ini yang mensurvei 1.000 pria dan 1.000 wanita, penempatan puting-areola yang paling disukai untuk kedua jenis kelamin adalah “di tengah kelenjar payudara secara vertikal dan sedikit lateral ke titik tengah secara horizontal.” Tapi itu tidak berarti puting Anda 'ideal - studi ini juga menyebutkan bahwa penempatan puting dipengaruhi oleh media, di mana pria "cenderung memiliki payudara yang lebih muda dalam pikiran," sementara wanita mungkin memiliki "lebih dari yang realistis."
13. Tato puting tidak jarang dengan rekonstruksi payudara

Kebanyakan orang tidak tahu bagaimana putingnya terlihat, tetapi informasi untuk penelitian di atas berguna untuk ahli bedah rekonstruktif dan bedah payudara. Tato puting-areolar dianggap sebagai langkah terakhir dalam operasi rekonstruksi payudara. Tato ini semakin populer di kalangan orang-orang yang mendapatkan operasi karena itu adalah prosedur yang relatif cepat dan sederhana dengan hasil yang realistis secara visual.
14. Ada kondisi langka yang menyebabkan orang dilahirkan tanpa puting

Ini disebut athelia. Untuk mengobati athelia, orang akan mendapatkan rekonstruksi payudara. Dan tergantung pada kebiasaan dan preferensi tubuh, ahli bedah akan mengambil jaringan dari perut, punggung, atau glutes.
15. Ada kemungkinan untuk memiliki beberapa puting

Puting multipel disebut puting supernumerary. Diperkirakan 1 dari 18 orang memiliki puting supernumerary (faktanya, Mark Wahlberg memilikinya!), Tetapi tidak berhenti di situ. Satu orang memiliki tujuh puting: Dua yang normal dan lima tambahan supernumerary. Seorang wanita 22 tahun bahkan memiliki puting di kakinya. Itu memiliki jaringan lemak, folikel rambut, kelenjar, dan semuanya.

Bahkan ada satu kasus yang dilaporkan dari seorang wanita yang memiliki jaringan payudara penuh dan puting di pahanya, dan itu menghasilkan susu setelah dia melahirkan bayinya.
16. Puting dapat radang dan retak - aduh

Dalam satu penelitian di Brasil, 32 persen wanita melaporkan mengalami puting retak karena menyusui pada bulan pertama setelah melahirkan. Tetapi jika Anda tidak menyusui, latihan Anda mungkin pelakunya menjadi merah, gatal, atau keripik terkelupas.

Pastikan untuk mengenakan bra olahraga yang tepat atau lindungi puting Anda dengan sedikit petroleum jelly agar tidak menggesek pakaian Anda.
17. Nipple piercings dapat membawa perasaan positif

Dalam sebuah penelitian dari 2008 sebanyak 362 orang, 94 persen pria dan 87 persen wanita yang disurvei tentang tindik puting mereka mengatakan mereka melakukannya lagi - dan bukan karena tindikan adalah hal yang tidak jelas. Mereka menyukai tampilan itu. Kurang dari separuh sampel mengatakan itu terkait dengan kepuasan seksual dari rasa sakit.
18. Stimulasi puting meningkatkan gairah seksual

Bagi kebanyakan pria dan wanita, bermain puting adalah foreplay yang bermanfaat. Sebuah penelitian dan kuesioner dari 301 pria dan wanita (usia 17 hingga 29) menemukan bahwa stimulasi puting meningkatkan gairah seksual pada 82 persen wanita dan 52 persen pria.

Meskipun hanya 7 hingga 8 persen yang mengatakan bahwa itu mengurangi gairah mereka, selalu ada baiknya untuk bertanya sebelum mengasumsikan.
19. Puting Anda bisa berubah warna

Anda mungkin pernah mendengar untuk melihat puting Anda untuk warna lipstik yang cocok, tetapi kesimpulan untuk ini adalah bahwa para ahli setuju untuk tidak setuju. Meskipun banyak publikasi lain (dari Refinery29 to Marie Claire) yang menguji teori lipstik ini, itu tidak 100 persen andal karena puting Anda dapat berubah warna karena suhu, kehamilan, dan waktu (semakin gelap).
20. Saraf ke payudara dan puting berbeda pada pria dan wanita

Para peneliti pada tahun 1996 membedah mayat untuk mempelajari pasokan saraf ke puting dan areola. Mereka menemukan bahwa saraf menyebar lebih luas pada wanita daripada pria.
21. Operasi payudara dapat mempengaruhi kepekaan puting

Pembesaran payudara adalah operasi yang sangat populer, dengan peningkatan 37 persen dari tahun 2000 hingga 2016. Pembedahan memang menanggung risiko kehilangan sensasi. Satu studi dari 2011 menemukan bahwa 75 persen wanita yang disurvei mengalami perubahan sensasi setelah operasi, sementara 62 persen mengalami rasa sakit karena disentuh.
22. Anda harus memiliki benjolan di sekitar puting Anda

Mereka disebut kelenjar Montgomery, meskipun nama ilmiahnya adalah kelenjar areolar. Kelenjar ini menghasilkan sekresi yang disebut cairan lipoid untuk membantu menjaga seluruh areola dan area puting lebih dilumasi dan nyaman.
23. Menyusui perempuan dapat mulai mengeluarkan susu yang bocor secara spontan jika mereka mendengar atau memikirkan bayi mereka

Untuk beberapa ibu, ini juga bisa terjadi jika mereka mendengar tangisan bayi orang lain! Ibu yang bayinya berada di NICU dan terlalu dini atau sakit untuk makan, lebih sukses memompa jika mereka memiliki gambar bayi mereka dekat.

24. Puting menarik wanita, sama seperti mereka menarik pria

Sebuah studi Universitas Nebraska menemukan bahwa wanita dan pria mengikuti pola mata yang sama ketika melihat wanita: Mereka dengan cepat melihat payudara dan "bagian seksual" sebelum pindah ke area lain dari tubuh.
25. Itu jarang, tetapi puting pria bisa menyusui

Laktasi yang tidak tepat, juga dikenal sebagai galaktorea, dapat menyerang pria, tetapi sangat jarang. Beberapa ahli mengatakan itu sering karena gelombang hormon besar. Penelitian yang lebih lama pada 1970-an dan 80-an menunjukkan catatan laki-laki yang memproduksi susu yang mirip dengan wanita menyusui, tetapi belum ada penelitian yang lebih baru sejak itu.

Jadi sekarang Anda tahu: Saat datang ke puting, ada rentang yang sangat besar - dari gundukan ukuran dan bahkan jumlah! Nilai puting tidak seberapa banyak laktat, tetapi bagaimana Anda merawat dan mengobatinya karena tidak ada versi "normal". Tetapi seperti bagian tubuh Anda yang lain, jika Anda khawatir tentang puting Anda melakukan (atau tidak melakukan), taruhan terbaik Anda adalah menemui dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar