Senin, 03 September 2018

Manfaat Kesehatan Seks

Seks merupakan faktor penting dalam hidup Anda

Seks dan seksualitas adalah bagian dari kehidupan. Selain reproduksi, seks bisa jadi tentang keintiman dan kesenangan. Aktivitas seksual, hubungan penis-vaginal (PVI), atau masturbasi, dapat menawarkan banyak manfaat mengejutkan untuk semua aspek kehidupan Anda:

    fisik
    intelektual
    emosional
    psikologis
    sosial

Kesehatan seksual lebih dari sekadar menghindari penyakit dan kehamilan yang tidak direncanakan. Ini juga tentang mengenali bahwa seks dapat menjadi bagian penting dalam hidup Anda, menurut American Sexual Health Association.
Bagaimana seks bisa bermanfaat bagi tubuh Anda?

Studi ini menunjukkan bahwa seks bisa menjadi latihan kardiovaskular yang baik pada pria dan wanita yang lebih muda. Meskipun seks tidak cukup berolahraga, olahraga bisa dianggap ringan.

Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari seks meliputi:

    menurunkan tekanan darah
    membakar kalori
    meningkatkan kesehatan jantung
    memperkuat otot
    mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan hipertensi
    meningkatkan libido

Orang dengan kehidupan seks aktif cenderung lebih sering berolahraga dan memiliki kebiasaan diet yang lebih baik daripada mereka yang kurang aktif secara seksual. Kebugaran fisik juga dapat meningkatkan kinerja seksual secara keseluruhan.

Sembilan cara untuk meningkatkan kinerja seksual Anda »
Sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat

Dalam sebuah penelitian kekebalan pada orang-orang dalam hubungan romantis, orang-orang yang sering melakukan seks (satu sampai dua kali seminggu) memiliki lebih banyak imunoglobulin A (IgA) dalam air liur mereka. Orang-orang yang memiliki seks jarang (kurang dari sekali seminggu) memiliki IgA yang secara signifikan lebih sedikit.

IgA adalah antibodi yang berperan dalam mencegah penyakit dan merupakan garis pertahanan pertama terhadap human papillomavirus, atau HPV.

Tetapi mereka yang melakukan hubungan seks lebih dari tiga kali seminggu memiliki jumlah IgA yang sama dengan mereka yang jarang melakukan seks. Studi ini menunjukkan bahwa kecemasan dan stres dapat membatalkan efek positif dari seks.
Lebih baik tidur

Tubuh Anda melepaskan oksitosin, juga disebut hormon “cinta” atau “keintiman”, dan endorfin selama orgasme. Kombinasi hormon-hormon ini dapat bertindak sebagai obat penenang.

Tidur yang lebih baik dapat berkontribusi untuk:

    sistem kekebalan yang lebih kuat
    umur yang lebih panjang
    merasa lebih baik beristirahat
    memiliki lebih banyak energi di siang hari

Bantuan sakit kepala

Studi lain menunjukkan bahwa aktivitas seksual dapat memberikan bantuan penuh atau sebagian dari migrain dan sakit kepala klaster.

Orang-orang yang aktif secara seksual selama serangan mereka:

    60 persen melaporkan peningkatan selama migrain
    70 persen melaporkan moderat untuk menyelesaikan bantuan selama migrain
    37 persen melaporkan peningkatan gejala di sakit kepala cluster
    91 persen melaporkan sedang sampai tuntas dalam sakit kepala klaster

Bagaimana seks menguntungkan semua jenis kelamin
Pada pria

Sebuah tinjauan baru-baru ini menemukan bahwa pria yang lebih sering berhubungan seks penis (PVI) memiliki risiko kurang mengembangkan kanker prostat.

Satu studi menemukan bahwa pria yang rata-rata memiliki 4,6 hingga 7 ejakulasi seminggu adalah 36 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menerima diagnosis kanker prostat sebelum usia 70 tahun. Ini dibandingkan dengan pria yang melaporkan ejakulasi 2,3 kali atau lebih sedikit dalam seminggu rata-rata.

Untuk pria, seks bahkan bisa memengaruhi kefanaan Anda. Satu penelitian yang memiliki tindak lanjut 10 tahun melaporkan bahwa pria yang sering orgasme (didefinisikan sebagai dua atau lebih dalam seminggu) memiliki risiko kematian 50 persen lebih rendah daripada mereka yang jarang berhubungan seks.

Meskipun hasilnya bertentangan, kualitas dan kesehatan sperma Anda dapat meningkat dengan meningkatnya aktivitas seksual, seperti yang ditunjukkan oleh beberapa penelitian.
Pada wanita

Memiliki orgasme meningkatkan aliran darah dan melepaskan bahan kimia penghilang rasa sakit alami.

Aktivitas seksual pada wanita dapat:

    meningkatkan kontrol kandung kemih
    mengurangi inkontinensia
    meredakan kram menstruasi dan pramenstruasi
    meningkatkan kesuburan
    membangun otot panggul yang lebih kuat
    membantu menghasilkan pelumasan vagina lebih banyak
    berpotensi melindungi Anda terhadap endometriosis, atau tumbuhnya jaringan di luar rahim Anda

Tindakan seks dapat membantu memperkuat dasar panggul Anda. Lantai panggul yang diperkuat juga dapat menawarkan manfaat seperti lebih sedikit rasa sakit saat berhubungan seks dan mengurangi kemungkinan terjadinya prolaps vagina. Satu penelitian menunjukkan bahwa PVI dapat menghasilkan kontraksi vagina refleksif yang disebabkan oleh penis menyodorkan.

Wanita yang terus aktif secara seksual setelah menopause cenderung tidak memiliki atrofi vagina yang signifikan, atau penipisan dinding vagina. Atrofi vagina dapat menyebabkan rasa sakit saat berhubungan seks dan gejala kencing.
Bagaimana seks dapat bermanfaat bagi kesehatan mental Anda?

Aktivitas seksual, dengan pasangan atau melalui masturbasi, dapat memberikan manfaat psikologis dan emosional yang penting. Seperti olahraga, seks dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan dan meningkatkan kebahagiaan.

Studi menunjukkan bahwa aktivitas seksual (didefinisikan sebagai PVI) dapat berkorelasi dengan:

    kepuasan meningkat dengan kesehatan mental Anda
    meningkatkan tingkat kepercayaan, keintiman, dan cinta dalam hubungan Anda
    meningkatkan kemampuan untuk melihat, mengidentifikasi, dan mengekspresikan emosi
    mengurangi penggunaan mekanisme pertahanan psikologis yang belum matang, atau proses mental untuk mengurangi tekanan dari konflik emosional

Pada usia yang lebih tua, aktivitas seksual dapat memengaruhi kesehatan dan kemampuan berpikir Anda. Penelitian menemukan bahwa orang dewasa yang aktif secara seksual antara 50 hingga 90 tahun memiliki ingatan yang lebih baik. Mereka juga cenderung merasa tertekan dan kesepian.
Pemicu keyakinan

Aktivitas seksual yang sering, baik dengan pasangan atau sendirian, dapat membuat Anda terlihat lebih muda. Ini sebagian karena pelepasan estrogen saat berhubungan seks.

Satu studi menemukan korelasi antara aktivitas seksual yang sering dan terlihat lebih muda (antara tujuh hingga 12 tahun lebih muda). Mayoritas orang-orang ini juga merasa nyaman mengekspresikan seksualitas dan identitas seksual mereka.
Manfaat sosial

Seks dapat membantu Anda terhubung dengan pasangan Anda, berkat oksitosin. Oksitosin dapat memainkan peran dalam mengembangkan hubungan. Anda mungkin menemukan bahwa kepuasan seksual yang saling menguntungkan membantu ikatan dalam suatu hubungan.

Pasangan yang dipasangkan sering kali meningkatkan kepuasan hubungan ketika mereka memenuhi hasrat seksual satu sama lain. Anda mungkin menemukan pertumbuhan positif dalam hubungan Anda ketika Anda mampu mengekspresikan diri dan hasrat seksual Anda.
Apa manfaat masturbasi?

Masturbasi dapat menawarkan banyak manfaat yang sama dengan seks, tetapi juga memiliki kelebihannya sendiri, termasuk:

    peningkatan hubungan seks antar pasangan
    memahami tubuhmu sendiri
    peningkatan kemampuan untuk orgasme
    meningkatkan harga diri dan citra tubuh
    peningkatan kepuasan seksual
    pengobatan untuk disfungsi seksual

Masturbasi dianggap sepenuhnya aman dan dengan risiko kesehatan yang lebih sedikit. Ketika dipraktekkan sendiri, tidak ada risiko kehamilan atau infeksi menular seksual (IMS). Menurut Planned Parenthood, itu meningkatkan kesejahteraan mental bukan penyakit mental atau ketidakstabilan seperti beberapa mitos menyarankan.
Selibat dan pantangan

Seks bukan satu-satunya indikator kesehatan atau kebahagiaan. Anda masih bisa menjalani kehidupan yang aktif dan bahagia tanpa seks. Manfaat seks berasal dari perasaan senang, yang mana studi menunjukkan bisa juga berasal dari mendengarkan musik, berinteraksi dengan hewan peliharaan, dan memiliki keyakinan agama yang kuat. Menurut National Health Service di Inggris, studi jangka panjang para biarawati melaporkan bahwa banyak dari mereka hidup sampai usia 90-an dan 100 tahun yang lalu.
Bawa pulang

Seks adalah bagian penting dari kehidupan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Dalam hubungan, orgasme memainkan peran penting dalam ikatan. Manfaat fisik dan emosional seperti mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan harga diri, dan lebih banyak dapat berasal dari berhubungan seks.

Anda masih dapat memiliki manfaat serupa tanpa seks. Terlibat dalam kegiatan menyenangkan lainnya seperti berolahraga, berinteraksi dengan hewan peliharaan, dan memiliki jaringan teman yang kuat dapat berpotensi menawarkan manfaat yang sama. Seks hanyalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hidup Anda.

Tetapi jika seks adalah bagian dari kehidupan Anda, karena hubungan atau keinginan, penting untuk dapat berkomunikasi dan mengalami kepuasan seksual. Anda mungkin merasa lega dan peningkatan kebahagiaan ketika Anda meluangkan waktu untuk berhubungan seks.
Q:

Apakah ada hal yang terlalu banyak seks (termasuk masturbasi)?
SEBUAH:

Keinginan dan aktivitas seksual berubah melalui rentang kehidupan. Masturbasi dimulai pada masa pubertas, umumnya terjadi pada kedua jenis kelamin, bisa sering, dan berlanjut sepanjang rentang kehidupan. Aktivitas seksual berada pada titik tertinggi di awal suatu hubungan. Dengan keinginan atau aktivitas seksual yang menua bisa melambat. Seks baik untuk kesehatan psikologis dan fungsi kekebalan Anda. Sering mengalami orgasme yang sehat, memiliki banyak pasangan seksual dan hubungan seks tidak aman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar