Senin, 03 September 2018

Kontrol Kelahiran Alami

Kontrol kelahiran alami adalah metode mencegah kehamilan tanpa menggunakan obat-obatan atau perangkat fisik. Konsep-konsep ini didasarkan pada kesadaran dan pengamatan tentang tubuh dan siklus menstruasi wanita.
Metode KB apa yang paling efektif?

Menurut Departemen Kesehatan & Layanan Manusia AS, metode pengendalian kelahiran yang paling populer dalam urutan paling efektif hingga paling tidak efektif adalah:

    Sterilisasi wanita dan pria. Sterilisasi melibatkan prosedur pembedahan untuk mencegah kehamilan secara permanen. Ini adalah vasektomi untuk pria dan tuba ligasi atau oklusi untuk wanita.
    Kontrasepsi reversibel jangka panjang. Ini memberikan pengendalian kelahiran dengan usia 3 hingga 10 tahun. Contohnya adalah perangkat intrauterine dan implan hormonal.
    Metode hormonal short-acting. Ini termasuk pengendalian kelahiran yang Anda ambil setiap hari atau bulan seperti pil, pil mini, patch, dan cincin vagina. Ada juga suntikan yang dapat diberikan dokter Anda setiap 3 bulan.
    Metode penghalang. Ini digunakan setiap kali Anda berhubungan seks dan termasuk kondom, diafragma, spons, dan topi serviks.
    Metode rhythm. Metode pengendalian kelahiran alami ini didasarkan pada siklus ovulasi. Ini melibatkan tidak melakukan hubungan seks pada hari-hari ketika Anda paling subur dan kemungkinan besar untuk hamil.

Metode pengendalian kelahiran alami

Beberapa metode pengendalian kelahiran alami lainnya termasuk:
Menyusui

Risiko kehamilan adalah 1 dalam 50 untuk wanita yang:

    melahirkan kurang dari 6 bulan yang lalu
    menyusui secara eksklusif (tidak ada formula, tidak ada makanan padat, hanya ASI)
    belum memiliki periode sejak melahirkan

Ini kadang-kadang disebut sebagai infertilitas laktasi.
Penarikan

Penarikan adalah metode pengendalian kelahiran ketika penis dikeluarkan dari vagina sebelum ejakulasi. Bagi mereka yang menggunakan penarikan sebagai satu-satunya metode pengendalian kelahiran mereka, risiko kehamilan adalah 22 dari 100.
Suhu tubuh basal

Metode suhu tubuh basal melibatkan pengamatan suhu seorang wanita setiap pagi. Karena suhu wanita turun sekitar 1 ° F 12 hingga 24 jam sebelum ovarium melepaskan sel telur, ini menunjukkan periode kesuburan yang tinggi. Anda harus menjauhkan diri dari hubungan seksual selama waktu ini jika Anda menghindari kehamilan. Periode ini berlangsung dari penurunan suhu hingga 48 hingga 72 jam setelah kembali normal.
Herbal untuk pengendalian kelahiran alami

Para pendukung penyembuhan alami menyarankan bahwa herbal dapat efektif mencegah kehamilan. Beberapa percaya bahwa ramuan ini lebih baik daripada bahan kimia, hormon sintetis, dan metode pengendalian kelahiran populer lainnya.

Catatan: Herbal yang tercantum di bawah ini tidak disetujui oleh Administrasi Makanan dan Obat AS dan belum menjalani tes medis resmi untuk kontrasepsi, sehingga keamanan dan keampuhannya tidak dapat dijamin. Juga, mekanisme tindakan untuk beberapa ramuan ini dapat menyebabkan keguguran atau aborsi. Anda harus berbicara dengan dokter Anda tentang penggunaan opsi-opsi ini.

Penyembuh alami biasanya menyarankan, bersama dengan suplemen herbal, penggunaan penghalang alami seperti kondom domba yang belum diobati dengan bahan kimia. Beberapa herbal yang mereka sarankan termasuk:

    Akar Stoneseed. Penduduk asli Amerika, seperti Dakotas dan Shoshone, akan minum infus dingin dan menghirup asap dari akar stoneseed untuk menginduksi sterilitas permanen.
    Thistle. Penduduk asli Amerika seperti Quinault minum teh panas yang dibuat dengan thistle untuk menyebabkan infertilitas.
    Benih wortel liar. Wanita di bagian tertentu di India makan satu sendok teh biji wortel liar segera setelah hubungan seksual. Mereka kemudian menindaklanjuti dengan satu sendok teh sehari selama 7 hari berikutnya untuk mencegah implantasi dan konsepsi. Mungkin juga bertindak sebagai gagal.
    Akar jahe. Penyembuh alami menyarankan minum 4 cangkir teh jahe per hari selama tidak lebih dari 5 hari untuk memulai menstruasi. Anda juga dapat mencampur 1 sendok teh jahe bubuk dalam 6 ons air mendidih dan konsumsi selagi panas.

The takeaway

Keluarga berencana adalah keputusan pribadi, tetapi itu juga merupakan keputusan medis. Anda juga harus ingat bahwa metode pengendalian kelahiran yang paling alami dan tradisional - dengan pengecualian kondom - tidak akan melindungi terhadap infeksi menular seksual.

Diskusikan kebutuhan dan gagasan Anda, termasuk tentang pengendalian kelahiran alami, dengan dokter Anda untuk mengembangkan rencana yang akan efektif untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar